Jadi Manager : Mungkinkah?

Jadi Manager : Mungkinkah?

Dihadapkan dengan pertanyaan seperti ini tentu membuat diri kita sulit untuk menjawabnya bukan? Banyak sekali pertanyaan dan pernyataan dalam benak kita.
• Apa aku bisa menjadi seorang manager?
• Aku ini kan bukan orang yang pandai
• Aku tidak pandai berbicara dengan orang lain
• Aku ini tidak percaya diri
• Apakah jika aku menjadi seorang manager, orang lain akan percaya padaku?
• Dan masih banyak lagi

Tidakkah mungkin kita menjadi seorang manager? Tentu saja bisa. Diawali dengan kita ikut dalam sebuah organisasi terlebih dahulu kemudian dalam organisasi tersebut jika dibuthkan seorang pemimpin, maka kita segera mengajukan diri. Jika sudah ada orang lain yang mengisinya, kita lihat bagaimana kinerja dalam memimpin sebuah organisasi. 

Selain kepandaian, menjadi seorang manager juga harus dapat berkomunikasi dengan baik kepada anggota dalam sebuah organisasi atau sekelopok orang dibawah kepemimpinan kita. Karena untuk menjadi seorang manager, kita dituntut untuk bisa menyatukan visi dan misi, latar belakang masing-masing individu, kepribadian yang berbeda untuk mencapai kesepakatan yang disetujui bersama.

Didalam suatu organisasi atau perusahaan bukan hanya satu dua orang saja yang saling bekerjasama, tetapi lebih dari puluhan orang. Sehingga kita harus bisa menjalankan tugas kita sebagai seorang manager dengan baik, seperti mengawasi dan menjaga aktivitas yang sedang dilakukan dalam sebuah perusahaan/organisasi, mengevaluasi untuk mencapai target yang diinginkan, pengembangan softskill dalam pekerjaan juga sangatlah penting karena dari situlah kita dapat bekomunikasi dengan baik kepada orang lain, berkonsultasi dan mencari kritik dan saran dari orang lain juga sangat dibutuhkan bagi seorang manager untuk membuat apa yang telah ia pimpim memiliki kemajuan di setiap kesempatannya, dengan adanya komunikasi yang baik maka permasalahan dan perbedaan pendapat dari masing-masing individu dapat diatasi, dan pujian juga patut dilakukan agar mereka -anggota team- menjadi lebih termotivasi dalam melaksanakan setiap tugas yang diembannya, namun pujian itu tidak dalam bentuk uang atau benda, tetapi lebih kepada tanggungjawab yang lebih besar dari sebelumnya.

Menjadi manager bukanlah hal yang mudah, tetapi kita harus yakin dan percaya diri bahwa kita juga bisa menjadi seorang manager yang dapat dipercaya. Memang tidak mudah menyatukan beragam kepribadian dan pendapat dalam setiap individunya, namun dengan adanya tekad yang kuat dan niat yang baik semua itu insyaallah dapat teratasi.

Tidak mampu atau malu berkomunikasi kepada orang banyak adalah suatu kelemahan, tetapi apakah hal itu harus terus didiamkan dalam diri kita? Tentu tidak. Jika hal itu tetap berlanjut, maka kita akan sulit untuk maju.

Ya, menjadi seorang manager sangatlah mungkin untuk kita. Jika kita memang benar-benar ingin menjadi seorang manager yang baik dan menjadi panutan bagi orang lain, maka tanamkanlah bahwa “Aku Bisa Menjadi Seorang Manager” dan letakkan kalimat itu di dahi kita 5cm (seperti yang tertulis dalam sebuah novel “5cm”) dan ucapkan kaliamt itu berulang kali disertai dengan do’a yang sungguh-sungguh.

Mungkin, sangat mungkin kita menjadi seorang manager. Jangan merasa takut terlebih dulu sebelum mencoba menjalaninya. Hadapi tantangan dan rintangan yang berat dihadapan kita untuk menjadi cambuk agar kita lebih giat berusaha dan berdo’a. Yang membuat kita takut untuk mencoba bukanlah bagaimana nanti, tapi nanti bagaimana? Ketakutan dalam diri kita sendirilah yang membuat kita merasa kita tidak bisa melakukan semua itu. Padahal sebenarnya kita bisa.

Ilmu yang kita dapat selama mengenyam pendidikan pasti akan sangat bermanfa’at. Ilmu apa pun itu. Karena kita tidak hanya belajar dalam lingkungan yang formal saja, kita dapat belajar dari alam dan pengalaman.

referensi :
http://sumber-kearifan.blogspot.com/2009/05/tanggungjawab-seorang-manager.html

27 September 2011

Leave a comment